Home / Umum

Minggu, 26 Mei 2024 - 14:28 WIB

100 Besar desa Pada Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2024

Infolintaspendidikan.com//Kab.Selayar(Sulsel) Kepulauan Selayar, 26 Mei 2024 – Desa Jinato, yang terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan bahwa desa ini telah berhasil masuk dalam kategori 100 Besar Desa Wisata pada Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2024. Pencapaian ini merupakan langkah awal yang signifikan menuju babak berikutnya, yaitu 50 Besar Desa Wisata yang akan segera diumumkan dalam waktu dekat.
Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2024 merupakan ajang bergengsi yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa melalui pariwisata dan mempromosikan potensi desa-desa wisata di Indonesia baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Melalui penghargaan ini, diharapkan desa-desa wisata dapat menunjukkan kekayaan budaya, keindahan alam, dan daya tarik lokal yang unik, sehingga menarik lebih banyak pengunjung dan memberikan dampak positif bagi perekonomian setempat.

Tema ADWI tahun ini adalah “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau” dengan visi Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan, dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah serta Kesejahteraan Rakyat. Tema ini mengedepankan pentingnya kelestarian lingkungan dan keberlanjutan dalam pengembangan pariwisata desa, sejalan dengan upaya global untuk menjaga bumi.
Penilaian pada ADWI 2024 dilakukan berdasarkan beberapa kategori, yaitu:

Daya Tarik Wisata: Meliputi keunikan dan keindahan alam, budaya, dan atraksi yang dimiliki oleh desa.

Amenitas: Fasilitas dan layanan yang disediakan untuk kenyamanan wisatawan.

Digital: Pemanfaatan teknologi digital dalam promosi dan pengelolaan pariwisata.

Kelembagaan SDM: Kualitas dan kompetensi sumber daya manusia serta organisasi pengelola pariwisata di desa.

Resiliensi: Kemampuan desa dalam menghadapi tantangan dan krisis, serta menjaga keberlanjutan pariwisata.

Dengan masuknya Desa Jinato ke dalam 100 Besar Desa Wisata, ini adalah kesempatan emas bagi desa untuk semakin dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, hal ini juga menjadi motivasi bagi masyarakat Desa Jinato untuk terus menjaga dan mengembangkan potensi wisata yang dimiliki, agar dapat memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan dan kemajuan desa.

Kami mengajak seluruh masyarakat dan pihak terkait untuk bersama-sama mendukung dan mempromosikan Desa Jinato, serta menantikan pengumuman 50 Besar Desa Wisata yang akan datang dan diharapkan untuk 24 desa wisata lain yang telah ditetapkan, dapat menjadi motivasi agar mempersiapkan desanya untuk mengikuti pada ajang tersebut di tahun 2025. Mari kita wujudkan visi Indonesia sebagai destinasi wisata kelas dunia yang berkelanjutan dan berdaya saing.

(Ser)

Share :

Baca Juga

Umum

Salman Alfariz Karsa Sukardi,IT Adakan Buka Puasa Bersama Sekaligus Ulang Tahun yang ke-23

Umum

Polres Gowa Ikuti Do’a Bersama Lintas Agama Melalui Zoom Meeting Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-78

Umum

Peletakan Batu pertama pembangunan program rumah hafizh Alquran gratis

Umum

Pangdam XIV/Hsn Buka Operasi Pasar Murah Dalam Rangka HUT Ke-78 Persit KCK Tahun 2024

Umum

Unit Jatanras Polres Gowa Amankan Terduga Pelaku Curanmor

Umum

Rakor Bersama Kadis Sosial se Sulawesi Selatan, Kadissos Selayar Laporkan Hal Ini

Umum

Deklarasi Calon Wali Kota Makassar 2024-2029 H.M.BUSRAH.ABDULLAH.SE.MSiJl.Penghibur Hotel MGH kota Makassar

Umum

H,Kahar Sibali Akan Maju Bekal Calon Wakil Bupati Takalar 2024